Jumat, 04 Januari 2013

5 Manfaat Utama Daun Sirih


5 Manfaat Utama Daun Sirih

Lama tidak posting artikel. Mohon maaf bagi pengunjung setia Bloggerafif. Jenuh dengan posting tentang Blogging dan SEO. Untuk lebih merefresh diri, kali ini bloggerafif akan posting dengan tema yang lebih general. Disini bloggerafif ingin berbagi tentang masalah kesehatan. Sesuai dengan judulnya, Bloggerafif akan membahas 5manfaat daun sirih bagi manusia. Anda tahu kan daun sirih? Daun sirih ini dapat tumbuh mudah dimana saja, dan anda sendiri bisa menanamnya di kebun priabadi, di pekarangan rumah ataupun bisa juga di loteng.

Manfaat Daun Sirih

Daun sirih (dalam bahasa Latin disebut Piper betle L) bisa tumbuh pada daerah yang beriklim tropis, sehingga sangatlah wajar jika di Indonesia sangat banyak kita jumpai tanaman sirih ini. Berikut ini manfaat daun sirih yang berguna bagi manusia :

1. Untuk Kesehatan
Daun sirih mengandung minyak atsiri yang berasal dari kandungan betIephenol, seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Karena kandungan daun sirih yang luar biasa ini, bisa digunakan untuk penyembuhan beberapa penyakit, misalnya seperti :

Manfaat Daun Sirih


Jerawat, caranya dengan melakukan kompres jerawat menggunakan 4-6 daun sirih yang sudah dihaluskan. Lalu bubuhkan pada wajah yang berjerawat. Lakukan setiap malam hari hingga jerawat kempes dan sembuh.

Mimisan. Daun sirih biasa digunakan untuk menghentikan keluarnya darah dari lubang hidung (biasa disebut mimisan). Caranya cukup mudah, hanya ambil satu buah daun sirih, lalu linting dan masukkan kedalam lubang hidung. Jika mimisan sudah berhenti, daun sirih bisa dilepas.

Keputihan. Caranya: rebus 10 daun sirih yang telah dicuci bersih kedalam 2,5 liter air. Lalu gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mencuci vagina. Lakukan berulang-ulang hingga ada perubahan.

Menghilangkan Bau Mulut. Caranya : rebus 5-6 lembar daun sirih di dalam 2 gelas air hingga mendidih.Dinginkan dan saring, setelah itu gunakan berkumur setiap pagi dan sore hari.

Menghilangkan Bau Badan. Caranya : daun sirih 2-3 lembar direndam dalam air panas ½ gelas. Kemudian tambahkan juga satu sendok teh gula putih. Biarkan terasa hangat. Pisahkan daun sirih dengan airnya. Lalu airnya bisa anda minum.

2. Tanaman Hias
Daun sirih juga bisa dijadikan untuk menghiasi rumah anda. Anda bisa menanam tanaman daun sirih ini di pot dan letakkan ditempat yang enak dipandang. Mungkin bisa anda taruh di dekat kamar mandi, ataupun di teras atap rumah.

3. Pengusir Serangga
Serangga seperti semut tidak menyukai bau minyak atsiri yang dikeluarkan oleh daun sirih. Jika anda hendak ingin mengusir semut dari tempat tertentu, silahkan gunakan saja daun sirih. Caranya juga cukup mudah, anda tinggal ambil beberapa daun sirih lalu potong menjadi beberapa bagian dan taruh di lokasi yang anda inginkan.

keripik manfaat daun sirih


4. Untuk Snack
Daun sirih juga bisa disulap menjadi snack (makanan ringan) yang enak dimakan. Salah satunya dengan membuat keripik daun sirih. Bahan yang digunakan untuk membuat keripik daun sirih ini adalah garam, ketumbar, kunir, bawang putih, tepung beras, telur dan sedikit air. Untuk mengolahnya, tumbuk ketumbar, kunir, bawang putih, kemiri dan garam menjadi halus. Lalu masukkan kedalam baskom dan campur dengan telur dan beri sedikit air kedalmnya. Setelah itu aduk hingga tercampur merata.

Bersihkan terlebih dahulu daun sirih, dan hilangkan bau anyir daun sirih dengan merebusnya terlebih dahulu hingga 3 menit. Lalu cuci dan jemur hingga kering. Setelah kering masukkan kedalam adonan tadi dan goreng dengan menggunakan minyak. Jadilah keripik daun sirih

vagina spa manfaat daun sirih

5. Meningkatkan gairah seksual
Biasanya daun sirih untuk keperluan ini dijadikan sebagai membuat organ kewanitaan (vagina) menjadi lebih keset. Bisa dipakai untuk dibasuh seperti pada ramuan untuk menghilangkan keputihan, atau bisa juga dicampur dengan bahan lainnya seperti kulit jeruk purut dan cendana untuk pengasapan pada bagian vagina. Tujuannya untuk menyeimbangkan kelembaban, dan sebagai antiseptik. Serta untuk meningkatan gairah seksual wanita, karena vagina yang keset dan tidak bau akan menambah percaya diri bagi wanita.

Manfaat Daun Sirih

Itu adalah beberapa manfaat daun sirih. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi manfaat daun sirih. Untuk mendapatkan daun sirih ini juga relatif mudah, meskipun anda sendiri tidak menanamnya. Anda bisa mencari atau membelinya di pasar-pasar tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar