Selasa, 14 Agustus 2012

3.068 Nasabah Kupedes Mudik Gratis Bersama BRI


3.068 Nasabah Kupedes Mudik Gratis Bersama BRI
Penulis : Didik Purwanto | Selasa, 14 Agustus 2012 | 13:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) memberangkatkan sekitar 3.068 nasabah Kredit Umum Pedesaan (Kupedes) untuk mudik gratis pada Lebaran tahun ini. Mudik gratis ini merupakan kegiatan rutin kedelapan kalinya yang digelar perseroan kepada nasabahnya.
Direktur Utama BRI Sofyan Basyir menjelaskan peserta mudik gratis ini adalah nasabah Kupedes BRI, penerima kredit usaha rakyat (KUR) dan nasabah Tabungan BRI Simpedes. "Tahun ini kami memberangkatkan sekitar 3.068 pemudik yang menjadi nasabah BRI, khususnya Kupedes dan Simpedes dengan memakai 54 bus," kata Sofyan di Pintu Utara Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (14/8/2012).
Peserta mudik khusus nasabah Kupedes harus memiliki syarat yaitu minimal 5 tahun dengan riwayat pinjaman lancar, plafon pinjaman sampai Juni minimal Rp 5 juta serta memiliki Tabungan BRI Simpedes minimal 5 tahun atas nama peminjam dengan status aktif dan saldo saat pendaftaran minimal Rp 500.000 yang telah mengendap selama 3 bulan terakhir.
Sementara nasabah KUR Mikro memiliki syarat telah menjadi nasabah di BRI Unit dengan riwayat pinjaman lancar atau telah menjadi nasabah Kupedes dengan kolektibilitas lancar serta memiliki Tabungan Simpedes minimal 1 tahun atas nama peminjam dengan status aktif dan saldo saat pendaftaran minimal Rp 500.000 yang telah mengendap selama 3 bulan terakhir.
Sedangkan untuk nasabah Tabungan BRI Simpedes minimal 3 tahun atas nama peminjam dengan status aktif dan saldo saat pendaftaran minimal Rp 5 juta yang telah mengendap selama 3 bulan terakhir. Serta saat pendaftaran memiliki Tabungan BRI fitur Simpedes Impian dengan setoran rutin per bulan minimal Rp 100.000 dengan jangka waktu minimal 1 tahun.
"Kami juga memberangkatkan 50 tenaga kerja Indonesia (TKI) nasabah BRIFast Remittance dari 5 negara, yaitu Malaysia, Saudi Arabia, Hongkong, Taiwan dan Arab Saudi," jelasnya. TKI yang ikut adalah yang telah melakukan transaksi terbanyak di counterpart BRI di 5 negara tersebut mulai Januari hingga Juli 2012 dan telah mendaftar program mudik bareng TKI bersama BRIFast Remittance 2012.
Mudik kali ini dibagi dalam dua jalur mudik utama dengan 6 rute.  Jalur pertama, Jakarta ke  Jawa Timur dengan rincian rute yakni rute 1 yakni Jakarta - Solo - Sragen - Ngawi - Madiun - Caruban - Nganjuk - Kertosono - Jombang - Mojokerto - Surabaya  dan berakhir di Malang.
Rute 2 yakni Jakarta - Solo - Sragen - Ngawi - Madiun - Caruban - Nganjuk - Kertosono - Kediri  dan berakhir di Blitar. Jalur kedua adalah Jakarta - Jawa Tengah/Yogyakarta dengan rincian rute  yakni rute 3 terdiri atas Jakarta - Pantura Jateng - Semarang - Demak- Kudus  dan berakhir di Pati.
Rute 4 yakni Jakarta - Semarang - Ungaran - Salatiga - Boyolali - Solo - dan berakhir di Wonogiri. Rute 5 yakni Jakarta - Banjar - Majenang - Buntu - Gombong - Kebumen - Kutoarjo - Purworejo - Wates  dan berakhir di  Yogyakarta. Serta rute 6 atau terakhir yakni Jakarta - Brebes - Bumiayu - Ajibarang - Purwokerto-Purbalingga - Banjarnegara - Wonosobo - Temanggung - Magelang  dan juga berakhir di Yogyakarta.
Ritual mudik bareng BRI merupakan wujud corporate social responsibility Bank BRI serta upaya mendekatkan diri dengan nasabah, menjalin silaturahim bersama keluarga utamanya memfasilitasi nasabah Simpedes dan Kupedes beserta keluarga yang ingin pulang kampung. "Ini juga merupakan respon atas imbauan pemerintah untuk mengadakan acara mudik bersama akibat dari tidak berimbangnya jumlah armada transportasi dengan jumlah pemudik," jelas Sofyan.
Editor :
Erlangga Djumena

Tidak ada komentar:

Posting Komentar