Senin, 13 Agustus 2012

Mudik Lancar dengan Sepeda Motor


Mudik Lancar dengan Sepeda Motor


MUDIK dengan sepeda motor sepertinya masih akan menjadi primadona di lebaran tahun ini. Selain hemat ongkos, mudik dengan sepeda motor juga dirasa lebih praktis. Namun perlu diperhatikan juga bahwa mudik dengan sepeda motor juga cukup beresiko dan rawan dari rasa aman dan nyaman.
Agar perjalanan mudik dengan sepeda motor berjalan aman dan nyaman, berikut ini beberapa tips yang bisa membantu kelancaran Anda bermudik dengan sepeda motor:
1. Pastikan Anda dan keluarga berada dalam kondisi fit, khususnya bagi pengendara motor. Makanlah secukupnya agar perut terisi dan lakukan pemanasan agar otot-otot tubuh tidak tegang.
2. Periksa kondisi kendaraan Anda sehat sebelum dipakai "bertempur" di jalanan. Jika perlu perikasakan kondisi motor Anda ke bengkel langganan, agar penanganannya bisa dilakukan dengan cepat.
3. Jangan lupa membawa surat-surat penting seperti SIM, STNK, dan bawa juga perlengkapan atau alat-alat (tools kit) di motor.
4. Gunakan helm full face karena lebih aman. Pastikan juga jika Anda membawa anak, mereka juga memakai helm agar aman. Ingat, jangan menempatkan anak di depan karena itu berarti menjadikan anak sebagai tameng Anda.
5. Gunakan jaket, sepatu, jika perlu body protector yang di pasang di dada untuk melindungi dada dari hempasan angin malam yang jahat. Pakai juga sarung tangan, kacamata untuk melindungi mata dari debu dan kotoran, serta siapkan pula jas hujan.
6. Buat pembonceng wanita, sebaiknya Anda tidak duduk menyamping hanya agar terlihat feminim. Duduk menghadap ke depan jauh lebih aman.
7. Bawalah bekal makanan yang praktis dan bisa dimakan saat istirahat di jalan. Siapkan juga air mineral atau permen karet yang efektif mengusir kantuk selama dalam perjalanan.
8. Bawa obat-obatan yang biasa digunakan, terutama untuk anak-anak.
9. Usahakan jangan membawa muatan terlalu banyak, karena akan mengganggu keseimbangan kendaraan.
10. Jagalah etika berlalulintas yang baik. Jangan melanggar rambu-rambu lalu lintas dengan seenaknya, seperti menerobos lampu merah, selip kiri selip kanan tanpa sein. Jaga jarak Anda dengan kendaraan di depan dan sebaiknya tidak bergerombol, dan ingat, jangan buang sampah sembarangan.
11. Hindari beristirahat di SPBU, karena ada peraturan baru yang melarang hal tersebut.
12. Saat melewati jalur Pantura, bersikaplah mengalah dengan penguasa jalanan, Bus Antar Kota/Propinsi. Jangan nekat mengajak mereka adu balap meski kita berada di jalur yang benar. Ingat, jangan ambil resiko, bukankah Anda dan keluarga ingin tiba di kampung halaman dengan selamat?
13. Saat bertemu truk gandeng atau trus engkel yang berjalan lambat, sebaiknya Anda harus ekstra bersabar dan hati-hati. Jika memang posisinya aman untuk mendahului, cobalah menyalip dari sebelah kiri. Namun pastikan tidak ada lubang, jembatan sempit atau kendaraan dari arah berlawanan.
14. Jangan lupa membawa peta jalur mudik, ini penting dan sangat berguna. Pilihlah peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail. Ini penting, mengingat bila terjadi kemacetan di suatu titik, Anda bisa mengantisipasinya. Lengkapi juga peta jalur mudik dengan nomor-nomor telepon penting, info jalan tol. Ingat, jangan sampai Anda kepayahan tiba di rumah hanya karena Anda tak tahu jalan.
15. Sebelum berangkat mudik, sebaiknya ponsel dicharge terlebih dulu. Hal ini untuk mencegah Anda kehilangan sinyal karena melewati daerah/area tertentu, karena beberapa kartu terkadang mengalami blank spot. Lebih baik juga jika salah satu anggota keluarga memiliki ponsel dengan kartu yang berbeda, jadi saat blank spot terjadi masih bisa diatasi.
16. Berikan juga nomor ponsel Anda kepada keluarga, teman atau tetangga yang ada di kampung halaman jika ada informasi mendadak. Ini dimaksudkan agar Anda bisa dihubungi jika terjadi sesuatu di rumah Anda.
17. Bawa uang tunai secukupnya, tak perlu membawa banyak uang tunai, toh ATM sudah banyak dijumpai di daerah.
18. Tempelkan stiker favorit atau tanda pengenal komunitas tertentu di spatboard kendaraan Anda. Siapa tahu di perjalanan, Anda berjumpa dengan teman baru.
19. Jangan lupa berdoa sebelum berangkat.
20. Dan yang terakhir, berkonsentrasilah selama dalam perjalanan.
Selamat Mudik!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar