Selasa, 14 Agustus 2012

H-5, Ciregol Ramai Lancar


14 Agustus 2012 | 19:07 wib
H-5, Ciregol Ramai Lancar
 0
 
  3
BREBES, suaramerdeka.com - Memasuki H-5 Lebaran, Selasa (14/8), arus lalu lintas di jalur tengah Tegal-Purwokerto terutama di ruas Ciregol Kecamatan Tonjong, Brebes, ramai lancar.
Pantauan Suaramerdeka.com sekitar pukul 15.00, kendaraan yang melintas disana didominasi mobil pribadi, bus dan sepeda motor. Iring-iringan kendaraan jenis itu melaju mulus tanpa hambatan yang berarti. Sementara kendaraan jenis truk sudah mulai berkurang menyusul kebijakan larangan beroperasi bagi truk angkutan barang non sembako dan bahan bakar minyak pada H-4 Lebaran.
Kapolres Brebes AKBP Kif Aminanto melalui Kapolsek Tonjong AKP Ashar Sofyan Jafar menyatakan, meski terjadi peningkatan kendaraan arus lalin di Ciregol masih lancar. Menurut dia, peningkatan kendaraan terjadi pada pagi dan sore hari. “Ada peningkatan dibandingkan hari kemarin. Namun begitu, arus lalin masih lancar,” kata Kapolsek.
Menurut Kapolsek, lonjakan volume kendaraan pemudik diperkirakan terjadi pada H-4 sampai H-2 Lebaran. Adapun untuk mendukung kelancaran lalin, petugas sudah ditempatkan di sepanjang jalur tersebut. Antara lain di Simpang Tiga Karangsawah, Ciregol dan Linggapura “Hal ini sebagai upaya antisipasi jika terjadi kepadatan kendaraan yang berpotensi pada gangguan arus lalu lintas,” katanya.
Selain petugas, sepanjang ruas Ciregol juga telah terpasang rambu peringatan seperti bahaya tanah longsor dan imbauan untuk tidak saling mendahului. Kendati dapat dilalui mulus, Kapolsek mengingatkan kepada pemudik untuk tetap berhati-hati terutama saat malam hari mengingat belum terpasang PJU. “Kita minta pemudik tetap waspada, saat di Ciregol jangan saling serobot,” pintanya.
Kapolsek menambahkan, jalur alternatif yakni ruas Karangsawah-Purwodadi-Linggapura tetap disiagakan untuk mengantisipasi gangguan lalu lintas di jalur utama Ciregol. “Jika terjadi kepadatan lalu lintas, sebagian kendaraan akan dialihkan ke jalur alternatif,” katanya.
Disamping Ciregol, ruas Pagojengan antara terminal lama Pagojengan sampai perlintasan KA Kretek akan menjadi titik paling krusial dalam pengaturan arus mudik dan balik di jalur tengah Tegal-Purwokerto wilayah Kabupaten Brebes.
Kapolsek Bumiayu AKP Sukoyo menyatakan di wilayah itu terdapat sejumlah masalah yang berpotensi menimbulkan kemacetan saat terjadi lonjakan volume kendaraan pada H-3 dan H-2 Lebaran nanti. Yakni, aktivitas pedagang di pasar Kretek, buka tutup palang perlintasan KA dan aktivitas naik turun penumpang angkutan.
“Medan jalan yang menanjak dan sempit ditambah lonjakan kendaraan berpotensi menimbulkan kemacetan. Tapi kami sudah siapkan petugas untuk mengurai kepadatan lalu lintas,” katanya.
( Teguh Inpras Tribowo / CN34 / JBSM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar