Kamis, 19 Juli 2012

Desain Gesper Lokal yang Mendunia


 
> Desain Gesper Lokal yang Mendunia
Kamis, 12 Juli 2012

Oleh Ridhwan Siregar
“Bangga” itulah ungkapan para musisi. Saat hadir dalam pembukaan toko baru Fourspeed Metalwerks atau Fourspeed New Parlor, dikawasan jalan Anggrek 42, Bandung, pada Rabu, 11 Juli lalu. Belasan musisi rock terlihat; Ipang, dan Bagus, Eno, Coki (Trio Netral), Beng-beng dan Yuki (Pas Band), diantara para tamu undangan di ruang yang didominasi kayu pada interiornya.

Fourspeed Metalwerks merupakan pionir dalam pembuatan produk logam dengan detail tinggi di Indonesia. Distribusi produk ini telah merambah pasar internasional. Produk andalan Fourspeed adalah kepala ikat pinggang atau gesper (buckle), selain menjual mata kalung atau liontin (pendant) dan cincin. Kini, Fourspeed juga membuat kaos dan kemeja.

Fourspeed memilih tengkorak sebagai tema utama. Artisan Fourspeed memadukan lukisan dengan ukiran diatas campuran timah, tembaga dan beberapa jenis logam lain. Alhasil, jadilah karya seni yang luar biasa. Para seniman berkarya dengan hati. “We are not businessman who have sense of art, but we are artists who have sense of business” sekedar mengutip pernyataan Hilton, salah satu founder yang menciptakan Fourspeed pada 2005.

Berawal dari kesukaan pada buckle impor, Hilton bersama kolega mulai mendesain dan mencari tempat produksi yang bisa membuat buckle. Berkali-kali ganti tempat produksi, tidak membuat puas dengan hasil yang didapat. Berbekal pengalaman tersebut, serta melalui riset dari buku-buku dan sejumlah literatur, akhirnya mereka membuat buckle sendiri.

Guratan artistik yang sangat detail, hand-made, dan produksi terbatas, membuat Fourspeed punya nilai lebih dan keunikan. Semakin istimewa karena Fourspeed merupakan produk dalam negeri. Penyanyi Melanie Subono dapat kehormatan menjadi salah satu “Fourspeed Signature Series Buckle”. Melanie adalah artis perempuan pertama yang dibuatkan buckle dengan desain khusus. “Kebanggaan buat gue pake produk Fourspeed, gak kalah sama produk luar negeri, desain dan detailnya luar biasa. Band-band luar yang pernah gue undang aja bilang keren, dan responnya sangat luar biasa, “katanya.

Hingga saat ini Fourspeed telah menghasilkan ratusan desain produk. Beberapa koleksi dibuat khusus dan sangat personal. Semisal,  signature series untuk Kaka (Slank) dan David (Naif). Beberapa nama besar dari mancanegara pun diabadikan dalam produk Fourspeed, diantaranya; Dimebag Darrel (gitaris Pantera band heavy metal Amerika), House of Pain, hingga Steve Cabbalero (skateboarder legendaries).

Puluhan pekerja seni lainnya, yakni tattoo artist, desainer grafis, fotografer, bahkan atlet yang dianggap pas dan sesuai konsep Fourspeed, juga menjadi sumber inspirasi. Tiga kata yang menggambarkan Fourspeed; Fastosus, Potestas, Virtus (Pride, Power, Attitude). Fourspeed berkomitmen untuk terus memakai hati dalam setiap karyanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar