Minggu, 22 Juli 2012

Hama Misterius Serang Ratusan Ha Padi di Brebes


Minggu, 22 Juli 2012 03:55 WIB
Hama Misterius Serang Ratusan Ha Padi di Brebes
Penulis : Supardji Rasban
BREBES--MICOM: Ratusan hektare (Ha) tanaman padi di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terserang hama miterius. Akibatnya, petani menglami kerugian yang tidak sedikit. Padahal, hasil tanaman padi tersebut diharapkan untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat saat Lebaran nanti.

Hama misterius tersebut menyerang tanaman padi di sejumlah desa di wilayah Kecamatan Banjarharjo dan Kecamatan Tanjung. Antara lain Desa Banjarharjo, Kobokan, Tegalreja dan Desa Cikakak. Serangan hama misterius terparah terjadi di Desa Luwungbata, Kecamatan Tanjung.

"Batang padinya nggak bisa tegak dan bulir padinya kosong. Kalau yang terserang sudah umur di atas dua bulan masih mendingan," tutur Engkos, petani di Desa Cikakak, Sabtu (21/7).

Akibat terserang hama misterius itu, Engkos mengaku tanaman padinya seluas 1 bahu (setara 7.500 m2) yang biasanya menghasilkan padi 4 ton kini hanya 1,5 ton.

Engkos mengaku pernah menanyakan kepada petugas penyuluh pertanian setempat tapi juga tidak mendapat jawaban jelas apa hama yang menyerang padinya itu. "Petugas pertanian cuma menyarankan jangan terlalu banyak menggunakan pupuk Urea,"
ujarnya.

Petugas Pengamat Hama dan Penyakit Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Brebes, Sutomo, ketika dihubungi mengaku belum mengecek ke lapangan. "Kemungkinan itu hama blas," cetusnya tanpa menjelaskan secara rinci. (JI/OL-3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar