Kamis, 22 November 2012

Amplop Berisi Uang dan Gambar Calon Bupati Brebes Beredar


30 September 2012 | 12:47 wib
Amplop Berisi Uang dan Gambar Calon Bupati Brebes Beredar
 0
 
  120
BREBES, suaramerdeka.com - Kekhawatiran masyarakat terhadap politik uang di Pilkada Kabupaten Brebes akhirnya terbukti.  Saat ini beredar amplop berisi uang dan gambar salah seorang calon bupati, yang dibagi-bagikan ke masyarakat di Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes.
Amplop putih berukuran kecil itu, di dalamnya berisi uang Rp 10.000 dan gambar calon Bupati Hj Idza Priyanti SE. Dugaan politik uang itu terungkap setelah sejumlah warga di RT 06 dan RT 05 RW 04, Desa Jatibarang Lor, Kecamatan Jatibarang, Brebes, menolak pemberian amplop berisi uang dan gambar calon bupati tersebut.
Mereka justru mengumpulkan amplop itu dan diserahkan ke salah satu tokoh masyarakat desa setempat. Disebutkan, pembagian uang berisi gambar calon bupati nomor urut dua itu terjadi pada Kamis (27/9) lalu. Uang itu dibagikan melalui Ketua RT, yang sebelumnya mereka dikumpulkan di rumah Kepala Desa Jatibarang Lor, Firdaus.
Di rumah kepala desa, para ketua RT diberi uang tim sukses calon untuk dibagikan ke warganya. Setiap warga yang mempunyai hak pilih mendapatkan satu amplop.
"Semua warga di tempat saya diberi amplop ini. Uangnya Rp 10.000 dan di dalamnya ada gambar calon Bupati Hj Idza Priyanti. Namun, sejumlah warga di RT saya menolak dan mengumpulkan amplop ini ke saya," ujar warga Rp 06/ RW 04 Kelurahan Jatibarang Lor, yang tidak mau disebutkan identitasnya, Minggu (30/9).
Sementara itu, Kepala Desa Jatibarang Lor, Firdaus membatah jika dirinya yang mengkoordinir pembagian uang tersebut. Namun, rumahnya hanya ketempatan untuk penyerahan uang dari tim sukses kepada setiap ketua RT di wilayahnya. Itu pun dirinya dipaksa agar rumahnya menjadi tempat.
Sebab, sejak awal sudah menolak rumahnya dijadikan tempat penyerahan uang dari tim sukses ke ketua RT. "Saya hanya diminta tempat dari tim sukses calon. Mereka sebelumnya sudah berkomunikasi dengan setiap ketua RT secara langsung. Besarnya uang yang dibagikan juga saya tidak tahu, karena langsung diserahkan ke RT," tandasnya.
Terpisah, calon Bupati Hj Idza Priyanti SE saat dikonfirmasi mengaku, dirinya tidak tahu menahu dan tidak pernah memerintahkan pembangian uang tersebut. "Kalau masalah itu saya tidak tahu, benar-benar tidak tahu dan tidak pernah memerintahkan sama sekali," ujarnya singkat usai berkampanye di Terminal Ketanggungan, Brebes.
( Bayu Setiawan / CN26 / JBSM )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar