RPP IPS KELAS XI SMKNEGERI 2 KOTA TANGSEL
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Struktur Sosial serta Berbagai Faktor
Penyebab Konflik dan Mobilitas Sosial
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mendiskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial
dalam fenomena kehidupan
|
Indikator
|
:
|
1.
Menjelaskan definisi struktur sosial
2.
Menjelaskan ciri-ciri struktur sosial
|
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan
definisi struktur sosial
2. Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri struktur sosial
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2.
Jujur
3.
Disiplin
4.
Kerja keras
5.
Kreatif
6.
Mandiri
7.
Rasa ingin tahu
8.
Bersahabat/ komunikatif
9.
Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
1. Pengetian struktur sosial
2. Ciri-ciri struktur sosial
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang struktur sosial dalam masyarakat. Guru menanamkan nilai
karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh status seseorang dalam kehidupan ber-masyarakat.
3. Menjelaskan pengertian struktur
sosial, ciri-cirinya dan fungsinya.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI. Alat
dan Sumber Belajar
1.
Alat : LCD dan Laptop
2.
Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Apakah yang
dimaksud dengan struktur sosial ?
2. Jelaskan pengertian struktur
sosial menurut Soerjono Soekanto !
3. Sebutkan 4 ciri-ciri
struktur sosial !
4. Jelaskan mengapa
penting untuk mempelajari struktur sosial !
Penilaian
1.
Soal no. 1, 2 dan 4 masing-masing
skor 2
2.
Soal no. 3
Kriteria
|
Skor
|
a. Menyebutkan 4 ciri dan fungsi dengan benar dan tepat
b. Menyebutkan 3 ciri dan fungsi dengan benar dan tepat
Menyebutkan 2 ciri dan fungsi dengan benar
dan tepat
Menyebutkan 1 ciri dan fungsi dengan
benar dan tepat
d. Tidak menjawab soal
|
4
3
2
1
0
|
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru
Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202 198803 1
004
NIP:
19650930 200701 1 014
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
2 dan 3
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Struktur Sosial serta Berbagai Faktor
Penyebab Konflik dan Mobilitas Sosial
|
Kompetensi Dasar
Indikator
|
:
:
|
Mendiskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial
dalam fenomena kehidupan
Menjelaskan bentuk-bentuk struktur sosial
Menjelaskan fungsi-fungsi struktur sosial
|
I.
Tujuan Pembelajaran
|
|
|
1. Siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk struktur sosial
2. Siswa mampu menjelaskan fungsi-fungsi struktur sosial
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2.
Jujur
3.
Disiplin
4.
Kerja keras
5.
Kreatif
6.
Mandiri
7.
Rasa ingin tahu
8.
Bersahabat/ komunikatif
9.
Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
1. Bentuk-bentuk struktur sosial
2. Fungsi struktur sosial
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang struktur sosial dalam masyarakat. Guru menanamkan nilai
karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh status seseorang dalam kehidupan ber-masyarakat.
3. Menjelaskan pengertian struktur
sosial, ciri-cirinya dan fungsinya.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Berikan
Contoh fungsi kontrol ?
2. Kebudayaan
Minangkabau menganut sistem kekerabatan apa ?
3. Apakah
yang kalian ketahui tentang Sistem kekerabatan Patrilineal ?
4. Sebutkan macam-macam sistem
kekerabatan yang ada di Indonesia ?
5. Berikan contoh fungsi
pembelajaran ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2 KOTA TANGSEL Guru
Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202
198803 1 004 NIP:
19650930 200701 1 014
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
4 dan 5
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Struktur Sosial serta Berbagai Faktor
Penyebab Konflik dan Mobilitas Sosial
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
|
Indikator
|
:
|
Menjelaskan konflik sosial berdasarkan pengertiannya
Mengidentifikasi konflik sosial berdasarkan
faktor-faktor penyebabnya
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan konflik sosial berdasarkan pengertiannya
2. Siswa mampu mengidentifikasikan konflik sosial berdasarkan
faktor-faktor penyebabnya
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2.
Jujur
3.
Disiplin
4.
Kerja keras
5.
Kreatif
6.
Mandiri
7.
Rasa ingin tahu
8.
Bersahabat/ komunikatif
9.
Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
1. Pengetian konflik
2. Faktor-faktor penyebab konflik
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang konflik dan faktor-faktor penyebabnya. Guru menanamkan
nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh status seseorang dalam kehidupan ber-masyarakat, misalnya
seorang polisi menangkap maling ternyata anaknya.
3. Menjelaskan pengertian konflik dan
faktor-faktor penyebabnya.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 10 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai prestasi,
dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Apakah yang kalian ketahui tentang Konflik !
2. Sebutkan macam-macam penyebab konflik !
3. Siapakah tokoh yang mengemukakan empat faktor penyebab
konflik ?
4. Sebutkan contoh konflik antar
etnis !
5. Apakah yang dimaksud dengan
komflik pribadi ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202 198803 1
004
NIP: 19650930 200701 1 014
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
6 dan 7
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Struktur Sosial serta Berbagai Faktor
Penyebab Konflik dan Mobilitas Sosial
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
|
Indikator
|
:
|
Mengidentifikasi konflik sosial berdasarkan bentuk
pengendaliannnya
Menganalisis konflik sosial berdasarkan dampak yang
muncul
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu mengidentifikasi konflik sosial berdasarkan
bentuk pengendaliannnya
2. Siswa mampu menganalisa konflik
sosial berdasarkan dampak yang muncul
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Bentuk
pengendalian konflik sosial
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang bentuk pengendalian konflik sosial. Guru menanamkan nilai
karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh bentuk pengendalian
sosial, seperti kompromi.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 6 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Mengapa konflik
harus dikendalikan ?
2. Jelaskan pengertian kompromi !
3. Jelaskan yang dimaksud pengendalian konflik !
4. Sebutkan strategi yang paling efektif untuk
mengendalikan konflik !
5. Jelaskan yang dimaksud forcing
dalam pengendalian konflik !
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202
198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
8
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Struktur Sosial serta Berbagai Faktor
Penyebab Konflik dan Mobilitas Sosial
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat
|
Indikator
|
:
|
Menganalisis konflik sosial berdasarkan
dampak yang muncul
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
` Siswa mampu menganalisis konflik sosial berdasarkan dampak yang muncul
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Dampak
konflik sosial
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang dampak adanya konflik sosial. Guru menanamkan nilai
karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh kasus perang antar etnis
madura dengan dayak di Kalimantan.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Apa akibatnya
jika konflik terjadi antar kelompok sosial yang berbeda ?
2. Apa arti penting solidaritas
kelompok ?
3. Sebutkan contoh konflik yang
terjadi antar negara !
4. Sebutkan dampak dari adanya konflik sosial
secara umum !
5. Apa akibatnya jika konflik sosial
tidak segera diatasi ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202
198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
9 dan 10
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Indikator
|
:
|
Menjelaskan kelompok sosial berdasarkan
pengertiannya
Mendeskripsikan masyarakat multikultural berdasarkan
pengertiannya
|
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan kelompok sosial berdasarkan
pengertiannya
2. Siswa mampu mendeskripsikan masyarakat multikultural
berdasarkan pengertiannya
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
1.
Pengertian kelompok sosial
2.
Pengertian masyarakat multikultural
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang kelompok sosial dan karakteristik masyarakat multikultural di Indonesia. Guru menanamkan
nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh kelompok sosial dan
masyarakat multikultural.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Apa yang
dimaksud kelompok sosial ?
2. Apa yang dimaksud masyarakat
multikultural ?
3. Jelaskan perbedaan kelompok sosial
dengan kerumunan !
4. Sebutkan ciri-ciri dalam masyarakat
multikultural !
5. Apa yang dimaksud komunitas?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202
198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
11
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Indikator
|
:
|
Mendeskripsikan hubungan antara kelompok sosial dan
masyarakat multikultural
2
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa mampu mendeskripsikan hubungan antara kelompok
sosial dan masyarakat multikultural
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Hubungan kelompok sosial dengan
masyarakat multikultural
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang hubungan kelompok sosial dengan masyarakat multikultural di Indonesia. Guru menanamkan
nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh kelompok sosial dengan
kerumunan.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Jelaskan
kelompok sosial sebagai unsur pembentuk masyarkat multikultural !
2. Jelaskan kelompok sosial sebagai
dinamisator pembentuk masyarkat multikultural !
3. Jelaskan kelompok sosial sebagai
pengikat pembentuk masyarkat multikultural !
4. Apa yang dimaksud dengan kelompok
sosial ?
5. Apa yang dimaksud dengan masyarakat
?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202 198803 1
004
NIP: 19650930 200701 1 014
Satuan Pendidikan
|
:
|
SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
12
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
|
Indikator
|
:
|
Mendeskripsikan
masyarakat multikultural menurut faktor penyebabnya
|
|
|
Mengidentifikasikan
masyarakat multikultural di Indonesia berdasarkan karakteristiknya
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa mampu mendeskripsikan masyarakat multikultural menurut faktor penyebabnya
2. Siswa mampu mengidentifikasikan
masyarakat multikultural di Indonesia berdasarkan karakteristiknya
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
1. Faktor penyebab timbulnya masyarakat
multikultural
2. Karakteristik masyarakat
multikultural di Indonesia
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang faktor penyebab timbulnya masyarakat multikultural dan karakteristik masyarakat multikultural di
Indonesia. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin
tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh ras mongoloid dan ras
negroid.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Sebutkan faktor
penyebab timbulnya masyarkat multikultural di Indonesia !
2. Sebutkan keanekaragaman masyarkat
Indonesia berdasarkan partai atau golongan !
3.
Jelaskan perbedaan suku batak dengan suku sunda !
4.
Sebutkan partai-partai yang ada di Indonesia !
5. Sebutkan yang termasuk golongan pribumi !
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202 198803 1
004
NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
13 dan 14
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Indikator
|
:
|
Menjelaskan pengertian solidaritas mekanik dan solidaritas organik menurut
pendapat Durkheim
Menjelaskan pengertian gemeinschaft dan gesseischaft menurut pendapat F.
Tonnies
2
|
I.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan
pengertian solidaritas mekanik dan solodaritas organik menurut pendapat Durkheim
2. Menjelaskan pengertian gemeinschaft dan gesseischaft menurut
pendapat F. Tonnies
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
1. Pengertian solodaritas mekanik
dan solidaritas organik.
2. Komunitas
3. Pengertian gemeinschaft dan
gesseischaft menurut pendapat F. Tonnies.
4. Kelompok sosial teratur dan
kelompok sosial tidak teratur.
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta didik
tentang solidaritas
mekanik dan solidaritas organik serta paguyuban dan patembayan. Guru menanamkan
nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh komunitas mekanik dan
organik.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Apa yang
dimaksud solidaritas mekanik ?
2. Apa yang dimaksud solidaritas
organik ?
3. Apa yang dimaksud dengan komunitas
?
4. Apa yang
dimaksud gemeinschaft ?
5.
Apa yang dimaksud gesseischaft ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202 198803 1
004
NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Ganjil
|
Pertemuan Ke
|
:
|
15 dan 16
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Mendeskripsikan Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Indikator
|
:
|
Menjelaskan pengertian kelompok primer dan kelompok sekunder menurut
pendapat C.H. Cooley dan E. Farris
Menjelaskan pengertian in-group dan out-group menurut
pendapat W.G. Summer
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan
pengertian kelompok primer dan kelompok sekunder menurut pendapat C.H. Cooley
dan E. Farris
2. Menjelaskan pengertian in-group
dan out-group menurut pendapat W.G. Summer
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1.
Religius
2.
Jujur
3.
Disiplin
4.
Kerja keras
5.
Kreatif
6.
Mandiri
7.
Rasa ingin tahu
8.
Bersahabat/ komunikatif
9.
Gemar membaca
10. Tanggung
jawab
III. Materi Pembelajaran
1. Pengertian kelompok primer dan
kelompok sekunder C.H. Cooley dan E. Farris.
2.
Pengertian in-group dan out-group menurut W.G. Summer.
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang pengertian kelompok primer dan kelompok sekunder serta in-group dan
out-group. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin
tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh kelompok primer teratur
dan kelompok sekunder.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Apa yang
dimaksud kelompok primer ?
2. Apa yang dimaksud kelompok sekunder
?
3. Apa yang dimaksud in-group ?
4. Apa yang dimaksud out-group ?
5. Sebutkan yang termasuk kelompok
primer !
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani
NIP: 19611202 198803 1
004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
17
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh
budaya asing, dan hubungan antar budaya
|
Indikator
|
:
|
Menjelaskan budaya dan budaya lokal menurut
pengertiannya
Menjelaskan budaya menurut unsur-unsurnya
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan
pengertian budaya dan budaya lokal
2. Siswa mampu menjelaskan
unsur-unsur budaya
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
1. Pengertian budaya dan budaya
lokal
2. Unsur-unsur budaya
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang pengertian budaya dan budaya lokal serta unsur-unsur budaya. Guru menanamkan
nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh hasil ciptaan manusia
seperti pakain dan sebagainya.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Apa yang
dimaksud budaya dan kebudayaan ?
2. Sebutkan unsur-unsur budaya !
3. Apa yang dimaksud budaya tradisional
dan budaya modern ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP: 19611202 198803 1
004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
18
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh
budaya asing, dan hubungan antar budaya
|
Indikator
|
:
|
Mengidentifikasikan budaya
lokal berdasarkan macam-macamnya
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengidentifikasikan budaya lokal berdasarkan macam-macamnya
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2.
Jujur
3.
Disiplin
4.
Kerja keras
5.
Kreatif
6.
Mandiri
7.
Rasa ingin tahu
8.
Bersahabat/ komunikatif
9.
Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Macam-macam budaya lokal di
Indonesia
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia. Guru menanamkan
nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh budaya betawi seperti
tanjidor.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Sistem
kekerabatan apa yang dianut budaya batak ?
2. Apa yang dihasilkan dari budaya
minangkabau ?
3. Apa yang dihasilkan dari budaya
bali ?
4. Apa yang dari budaya aceh ?
5. Apa yang dihasilkan dari budaya
sunda ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP: 19611202 198803 1
004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
19
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh
budaya asing, dan hubungan antar budaya
|
Indikator
|
:
|
Mengidentifikasi masuknya budaya asing melalui
dampak yang ditimbulkannya
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengidentifikasi masuknya budaya asing
melalui dampak yang ditimbulkannya
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2.
Jujur
3.
Disiplin
4.
Kerja keras
5.
Kreatif
6.
Mandiri
7.
Rasa ingin tahu
8.
Bersahabat/ komunikatif
9.
Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Dampak masuknya budaya asing
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang dampak masuknya budaya asing ke Indonesia. Guru menanamkan
nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh mode yang berasal dari
negara Perancis.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Apa yang
dimaksud akulturasi ?
2. Apa yang dimaksud asimilasi ?
3. Apa yang dimaksud sintesis ?
4. Apa yang dimaksud penetrasi ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP:
19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
20
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh
budaya asing, dan hubungan antar budaya
|
Indikator
|
:
|
Mengidentifikasikan hubungan antar budaya
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengidentifikasikan
hubungan antar budaya
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2.
Jujur
3.
Disiplin
4.
Kerja keras
5.
Kreatif
6.
Mandiri
7.
Rasa ingin tahu
8.
Bersahabat/ komunikatif
9.
Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Hubungan antar budaya
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang hubungan antar budaya. Guru menanamkan nilai
karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh budaya betawi.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai karakter
gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Bagaimana
hubungan budaya betawi dengan sunda ?
2. Bagaimana hubungan budaya betawi
dengan jawa ?
3. Bagaimana hubungan budaya betawi
dengan islam ?
4. Bagaimana hubungan budya jawa
dengan islam ?
5. Bagaiamana hubungan budaya aceh
dengan islam ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP:
19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
21
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mendiskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di
masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional
|
Indikator
|
:
|
Mengidentifikasi keberagaman budaya berdasarkan
faktor-faktor penyebabnya
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengidentifikasikan keberagaman budaya berdasarkan
faktor-faktor penyebabnya
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang faktor-faktor penyebab keberagaman budaya. Guru menanamkan nilai
karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh faktor penyebab
keberagaman budaya, seperti keberagaman suku, bahasa dan sebagainya.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI. Alat
dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Sebutkan
faktor-faktor yang menjadi penyebab keberagaman budaya Indonesia !
2. Kenapa adat perkawinan suku betawi
dengan suku sunda berbeda. Jelaskan !
3. Mengapa sistem kekrabatan akan
berpengaruh terhadap adat istiadat masyarakat setempat ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP:
19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
22
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mendiskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di
masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional
|
Indikator
|
:
|
Menganalisis keberagaman budaya berdasarkan
manfaatnya
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menganalisis keberagaman budaya berdasarkan
manfaatnya
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Manfaat keberagaman budaya
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang manfaat
keberagaman
budaya. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin
tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh manfaat keberagaman
budaya, seperti toleransi.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII. Penilaian
Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Sebutkan
manfaat keberagaman budaya !
2. Kenapa timbul multikulturalisme ?
3. Kenapa timbul toleransi antar
budaya ?
4. Bagaimana bila terjadi tidak adanya
toleransi antar umat?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP:
19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
23
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mendiskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di
masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional
|
Indikator
|
:
|
Mendeskripsikan contoh-contoh budaya lokal sesuai
kondisi masyarakat setempat
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mendeskripsikan contoh-contoh budaya lokal
sesuai kondisi masyarakat setempat
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Contoh-contoh budaya lokal di
masyarakat setempat
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang contoh-contoh budaya
lokal di masyarakat setempat. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan
gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh budaya bali seperti
subak dan ngaben.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Apa yang
dimaksud budaya palang pintu yang ada di budaya betawi ?
2. Apa yang dimaksud dengan subak ?
3. Apa yang dimaksud dengan ngaben ?
4. Berikan contohnya budaya Sunda !
5. Berikan contohnya budaya Aceh yang
sudah akulturasi dengan budaya Islam !
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP:
19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
24
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya
keberagaman budaya
|
Indikator
|
:
|
Menjelaskan keberagaman budaya berdasarkan
masalah-masalah yang muncul
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu Menjelaskan keberagaman budaya berdasarkan
masalah-masalah yang muncul
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Masalah-masalah
yang muncul akibat keberagaman budaya
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang masalah-masalah
yang muncul akibat keberagaman budaya. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa
ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh konflik.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Kenapa terjadi
konflik antar suku. Jelaskan !
2. Kenapa terjadi akulturasi budaya.
Jelaskan !
3. Kenapa terjadi asimilasi budaya.
Jelaskan !
4. Kenapa terjadi sistesis budaya.
Jelaskan !
5. Kenapa terjadi penetrasi budaya.
Jelaskan !
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP:
19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
25
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya
keberagaman budaya
|
Indikator
|
:
|
Mendeskripsikan integrasi nasional berdasarkan
kepentingan dalam NKRI
|
|
|
|
|
|
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mendeskripsikan integrasi nasional berdasarkan
kepentingan dalam NKRI
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
Pentingnya integrasi nasional
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang pentingnya integrasi nasional. Guru menanamkan nilai
karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh integrasi nasional
seperti persatuan suku jawa dengan sunda.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Sebutkan
manfaat adanya integrasi nasional !
2. Jelaskan bilamana terjadi konflik
antar suku !
3. Jelaskan bilamana negara kita
menjadi negara bagian !
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP:
19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
26
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya
keberagaman budaya
|
Indikator
|
:
|
Mengidentifikasi upaya menjaga keselarasan
antarbudaya berdasarkan peran pemerintah dan
masyarakat
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu mengidentifikasikan upaya menjaga keselarasan
antarbudaya berdasarkan peran pemerintah dan masyarakat
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi Pembelajaran
1. Peran masyarakat dalam
menjaga keselarasan antar budaya
2.
Peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antar budaya
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang peran
masyarakat dan pemerintah dalam menjaga keselarasan antar budaya. Guru menanamkan
nilai karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh peran masyarakat dalam
membangun bangsa seperti mendirikan masjid, gereja dan sebagainya.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Bagaimana peran
masyarakat dalam melestarikan budaya nasional?
2. Bagaimana peran pemerintah dalam
melestarikan budaya nasional ?
3. Kenapa masyarakata kota dengan desa
toleransinya berbeda ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP:
19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
27
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman
budaya
|
Indikator
|
:
|
Menghargai budaya orang lain ditunjukkan dalam sikap
sehari-hari
Menunjukkan cara menjaga dan melestarikan budaya
lokal dalam kehidupan sehari-hari
2
|
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menunjukkan cara menghargai budaya orang lain dalam sikap hidup
sehari-hari
2. Siswa mampu menunjukkan cara menjaga dan melestarikan budaya lokal dalam kehidupan
sehari-hari
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
II. Materi
Pembelajaran
1. Menghargai
budaya orang lain
2. Menjaga dan
melestarikan budaya lokal
IV. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan
berdoa). Guru menanamkan nilai karakter disiplin dan religius
pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang menghargai
budaya orang lain. Guru menanamkan nilai karakter kreatif, rasa
ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh menghargai budaya batak,
seperti melestarikan kain ulos.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Bagaimana
hubungan budaya betawi dengan sunda ?
2. Bagaimana hubungan budaya betawi
dengan jawa ?
3. Bagaimana hubungan budaya betawi
dengan islam ?
4. Bagaimana hubungan budya jawa
dengan islam ?
5. Bagaiamana hubungan budaya aceh
dengan islam ?
6. Bagaimana
hubungan budaya betawi dengan sunda ?
7.
Bagaimana hubungan budaya betawi dengan jawa ?
8.
Bagaimana hubungan budaya betawi dengan islam ?
9. Bagaimana hubungan budya jawa dengan islam ?
10. Bagaiamana hubungan budaya aceh
dengan islam ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP: 19611202 198803 1
004 NIP: 19650930 200701 1 014
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Semua Program Keahlian
|
Mata Diklat
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
Kelas/ Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Pertemuan Ke
|
:
|
30
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 45 Menit
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami Kesamaan dan Keberagaman Budaya
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman
budaya
|
Indikator
|
:
|
Menunjukkan cara menjaga dan melestarikan budaya
lokal dalam kehidupan sehari-hari
|
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menunjukkan cara menjaga dan melestarikan budaya lokal dalam kehidupan
sehari-hari
II. Karakter Siswa yang diharapkan
1. Religius
2. Jujur
3. Disiplin
4. Kerja keras
5. Kreatif
6. Mandiri
7. Rasa ingin tahu
8. Bersahabat/ komunikatif
9. Gemar membaca
10. Tanggung jawab
III. Materi
Pembelajaran
Menjaga dan
melestarikan budaya lokal
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian tugas
V. Skenario Pembelajaran
No
|
Struktur
|
Kegiatan pembelajaran
|
1
|
Kegiatan awal
|
1. Menyiapkan peserta didik baik fisik maupun psikis
untuk mengikuti proses pembelajaran (mengatur tempat duduk, absensi, dan berdoa). Guru
menanamkan nilai karakter disiplin dan religius pada peserta didik.
2. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran guna lebih memotivasi
peserta didik untuk belajar.
|
2
|
Kegiatan inti
|
1. Memberikan
pertanyaan kepada peserta didik untuk mengetahui pengetahuan awal peserta
didik tentang menjaga
dan melestarikan budaya lokal. Guru menanamkan nilai
karakter kreatif, rasa ingin tahu, kerja keras, dan gemar membaca.
2. Memberikan salah satu contoh melestarikan budaya suku
asmat yang ada di papua.
4. Memberikan tugas kelompok (setiap
kelompok beranggotakan 4 orang) kepada
peserta didik tentang struktur sosial. Guru menanamkan
nilai karakter kerja keras, kreatif, bersahabat/ komunikatif, menghargai
prestasi, dan tanggung jawab.
5. Memberikan tanggapan terhadap
kinerja peserta didik.
6. Memberikan motivasi kepada peserta didik yang
belum berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran
|
3
|
Kegiatan Akhir
|
1. Bersama peserta didik menyimpulkan
materi yang telah diberikan
2. Memberitahukan materi yang akan
dibahas pada pertemuan selanjutnya serta memberitahukan agar peserta didik
mempelajari materi tersebut. Guru menanamkan nilai
karakter gemar membaca dan mandiri
3. Menyampaikan salam
penutup
|
VI.
Alat dan Sumber Belajar
1. Alat : LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar:
a.
Buku Paket IPS SMK Kelas XI
b.
Buku-buku Sosilogi
c.
Buku-buku pegangan sosiologi SMA
d.
Koran
e.
Majalah
f.
Kliping
g.
Lingkungan sekitar
VII.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh soal:
1. Bagaimana
hubungan budaya betawi dengan sunda ?
2. Bagaimana hubungan budaya betawi
dengan jawa ?
3. Bagaimana hubungan budaya betawi
dengan islam ?
4. Bagaimana hubungan budya jawa
dengan islam ?
5. Bagaiamana hubungan budaya aceh
dengan islam ?
Nilai = Jumlah skor yang diperoleh x
100
Jumlah
skor maksimal
Pondok Aren, 12 Mei 2012
Mengetahui,
Kepala SMK N 2
KOTA TANGSEL Guru Mata
Pelajaran,
Drs. H. Ambiar M, Pd. Drs. Gede Yenu Yani NIP:
19611202 198803 1 004 NIP: 19650930 200701 1 014
Pak., boleh saya minta perangkat pembelajaran nya.? Untuk keperluan monev di sekolah saya
BalasHapusizin copas pak
BalasHapus