Jumat, 16 November 2012

Wayang Golek Sedot Ribuan Warga


10 November 2012
Wayang Golek Sedot Ribuan Warga
  • Perayaan Harkitnas
 0
 
  0
BREBES - Pentas wayang golek kebangsaan dengan dalang Ki Enthus Susmono, di lapangan Desa Slatri, Kecamatan Larangan, Brebes, mampu menyedot ribuan warga, Kamis (8/11) malam. Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) itu digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pokja Brebes bersama Majelis Dzikir Serodja Merah Putih Desa Slatri. 
Ribuan warga berduyun-duyun datang memadati lapangan Desa Slatri sejak satu jam sebelum pentas wayang semalam suntuk itu digelar. Mereka yang datang tidak hanya dari desa setempat, tetapi dari beberapa desa tetangga hing- ga kecamatan tetangga.
Bahkan, warga rela berjalan beberapa kilometer untuk dapat menyaksikan acara tersebut. Dalam pertunjukan itu, Ki Enthus yang dikenal dengan julukan ’’Dalang Edan’’’ itu mengangkat kisah Sunan Kalijaga. Dalang asal Kabupaten Tegal itu juga mampu membuat penonton ger-geran.
Penonton dibuat tertawa ketika Ki Enthus memainkan wayang andalannya Lupit dan Slenteng. Melalui dua tokoh wayang itu ia membuat kelucuan hingga suasana menjadi hangat.
Nilai Kebangsaan
Ketua PWI Pokja Brebes, Fatah El Zaman SE mengatakan, selain dalam rangka memperingati Hardiknas, pentas wayang golek dilaksanakan untuk memberikan hiburan segar bagi masyarakat. Tema cerita wayang golek yang diambil pun menyangkut kebangsaan. “Melalui pentas wayang ini, kami juga ingin memberikan dan menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat,” ujarnya.
Hal senada dikatakan Koordinator Majelis Dzikir Serodja Merah Putih Desa Slatri, Nuridin Alim. Menurutnya, kegiatan itu sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa kebangsaan bagi masyarakat Slatri pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya. 
Organisasi yang dipimpinnya bekerja sama dengan PWI Pokja Brebes karena ada agenda yang sama dalam memperingati Harkit- nas. ’’Kegiatan ini murni untuk memberi hiburan yang sifatnya dapat menumbuhkan rasa kebangsaan pada masyarakat,” katanya. (H38-74,88)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar